Senin, 30 Juli 2012

Tempat Pemancingan di Bumi Pakidulan Mancing Dasar dari Karang


Bumi Pakidulan yang eksotis menyimpan berjuta cerita dan warna, mulai dari dunia petualangan sampai dengan tempat pemancingan. Bumi pakidulan, orang lebih mengenalnya dengan wilayah pangandaran yang meliputi daerah pesisirnya mulai dari Pantai Karapyak, karang nini, Pangandaran, Karang tirta, Batu Hiu, Batu Karas, Madasari, Legok jawa sampai madasari merupakan tempat pemancingan laut dari karang ataupun tebing karang.
 
Memancing dari karang ini membawa keasikan tersendiri termasuk tantangannya, terkadang ada spot pemancingan yang mengharuskan para pemancingnya melakukan climbing di karang dengan tantangannya memanjat tanta peralatan menaiki batu karang yang terjal serta tajam hal ini membutuhkan stamina dan kejelian serta ekstra hati – hati. Perbekalan yang di bawa selain peralatan mancing, senter, ataupun peralatan masak standar naik gunung bila perlu di bawa juga, dan satu lagi yang jangan ketinggalan konsumsi atau makananpun harus turut dibawa juga mancing karang kebanyakan dilakukan pada malam hari dari jam lima sore (standbye) sampai dengan pagi hari atau tergantung dari banyak tidaknya ikan di tempat pemancingan terkadang dilakukan dengan berpindah – pindah tempat atau lokasi dalam satu malam. Selain dari karang pemancinganpun dapat di lakukan dari bibir pantai dan biasanya menggunakan joran yang lebih panjang lagi. Joran yang di pakai mancing dari karang rata – rata panjangnya 2 – 3 m menggunakan senar berdiameter 0,30 mm keatas tergantung dari jenis ikan yang akan di pancing ataupun musim ikan tertentu. Umpan yang biasa di gunakan yaitu teri gelaga, layang, udang, sejenis kerang laut (untuk jenis ikan tertentu), cumi – cumi yang sudah di sayat-sayat atau tergantung dari ukuran cumi, ikan belo. Pancing dasar ini biasanya menggunakan dua ronel pancingan dengan pemberat timah di bawah, besarnya timah di sesuaikan dengan besarnya ombak dan putaran air begitu juga dengan diameter senar yang dipergunakan di sesuaikan dengan musim ataupun jenis ikan yang akan di pancing.

Kita mulai dari Batu Hiu pada musim musim tertentu banyak di datangin para pemancing, tempatnya di ujung taman yang berbentuk bukit tempat rekreasi Batu Hiu. Di tempat ini terdapat penangkaran penyu yang di kelola oleh aktivis lingkungan. Spot pemancingan di Batu Hiu ini berupa bukit karang dengan dasar laut karang dan banyak di huni oleh ikan – ikan karang sejenis, kakap merah, kakap putih, Giant Traveling, kerapu dsb.
Batu Karas, tempat ini banyak di datengi pemancing karang tempatnya nyaman karena berdekatan dengan objek wisata Batukaras, selain itu banyak terdapat nelayan di batukaras ini umpan segar bisa langsung di dapat dari hasil menjaring. Tempat pemancingannya di ujung pantai batukaras tempatnya berbentuk bukit atau orang sekitar biasa menyebutnya dengan Bungalow. Spot pemancingan lainnya masih di seputaran Batukaras yaitu Batu Belah, Katapang, sampai dengan Butun yang berdekatan dengan Madasari. Namun untuk sampai ketempat yang satu ini yaitu Butun di butuhkan waktu dan perjuangan karena tempatnya cukup terpencil dari perkampungan penduduk yang pada waktu – waktu tertentu apabila benar – benar lagi musim ikan merupak surga bagi para pemancing dengan hasil pancingan jenis ikan super diantaranya kakap merah, putih, GT dan jenis – jenis ikan karang lainnya.

Tempat lainnya adalah Madasari, yaitu mancing di dekat muara sungai tempat favoritnya di madasari adalah Pandan Nyampay. Untuk mencapai pandan nyampay ini tidak terlalu sulit mudah di jangkau lokasinya sama berupa bukit karang jika sore hari tempat ini sangat mempesona untuk melihat matahari tenggelam. Masih di seputaran Madasari masih ada lagi yaitu Kalapa satangkal dan Karang seugeu, untuk mencapi lokasi ini lumayan sulit karena harus sedikit menyebrang laut kurang lebih 50 – 100 M dari pantai dengan menyusuri karang dan di lakukan apabila air surut pada sore hari biasanya kalau malam air akan pasang. Selain di mancing di karang di pantainya kita bisa juga melakukan pemancingan.
Legok Jawai, Kalapa Bulan sampai dengan Ciparanti spot pemancingannya di pinggir pantai. Di depan pelelangan ikan Legok Jawa yang berdekatan dengan Muara sungai merupan spot pemancingan lokasinya memanjang.
Beitu juga kearah selatannya lagi masih banyak tempat – tempat pemancingan yang dapat disusuri nyambung sampai pameungpeuk Garut.
(Ibeng Van Khobir)

Bagi yang ingin mencoba mancing di daerah kami silahkan hubungi kami di
http://theriverscijulang.blogspot.com/
(Ibeng Van Khobir)

2 komentar:

  1. Maaf Gan, numpang nanya2.... saya belum pernah sekalipun nyoba mancing di pantai ataupun laut sekalian. So... apa alat2 yang dibutuhkan (Joran + umpan) ada tempat penyewaannya? Bajet yang dibutuhkan untuk bisa menikmati acara mancing di spot pantai/laut kurang lebih berapa rupiah??? Mahal ga???

    BalasHapus
  2. Mas aby habby bisa main di penginapan saya daerah batukaras cek ig nya @saung_padi ada paket mancing nya jga

    BalasHapus